Bisnis dan Investasi: Dimana dan kapan saya harus memulai???

Bisnis dan Investasi: Dimana dan kapan saya harus memulai???



Kesalahan terbesar yang hampir ditemukan pada banyak orang adalah mereka bekerja terlalu keras untuk mendapatkan uang. Sebagian besar orang tidak maju secara financial, karena ketika mereka membutuhkan uang, barulah mereka menerima pekerjaan paruh waktu.

Bila kita ingin betul-betul maju, sebenarnya kita perlu mempertahankan pekerjaan pokok kita dan memulai bisnis/ usaha part time atau paruh waktu.

Ada empat jenis orang yang diketemukan dalam dunia bisnis, mereka adalah:

·        -   Employee (Karyawan)
·       -  Self Employed (Pekerja lepas) atau Small Business (Usaha kecil)
·        -  Business Owner (Pemilik bisnis)
·        -  Investor

Kategori Employee (Karyawan) dan Self Employed (Pekerja lepas) dapat dimasukan sebagai pekerjaan purna waktu, sementara Business Owner dan Investor adalah pekerjaan Paruh waktu.

Seyogyanya kita tidak terpaku pada pekerjaan purna waktu, dan mulai melakukan pekerjaan paruh waktu. Banyak sekali perusahaan dan bisnis besar yang dimulai dari pekerjaan paruh waktu. Kita dapat memilih sebagai Business Owner atau dapat juga sebagai Investor, sesuai dengan kemampuan kita.

Secara umum sebelum kita memulai suatu bisnis akan dimulai dengan 3 (tiga) hal:
·        -  Ide atau gagasan tentang produk baru
·         - Mencari produk yang sesuai sebelum melakukan bisnis
·         - Mencintai produk yang telah dan akan ditekuni

Kita tentu ingat dengan Bill Gates, yang mengembangkan produk piranti lunak Microsoft. Dia tidak memulai dengan menciptakan produk piranti lunak atau software ini, dia hanya membeli dari sekelompok programmer computer dan kemudian membangun bisnis besar yang akhirnya menjadikannya orang terkaya di dunia.
Intinya adalah tidak perlu repot-repot membuat produk besar, tetapi fokuskan pada upaya memulai suatu bisnis yang menjadikan kita menjadi pebisnis besar.

Kita tentu ingat bagaimana bisnis Dell, Amazon, atau yang sedang trend saat ini Facebook, mereka membangun bisnis ini dimulai sebagai pekerjaan atau usaha paruh waktu. 

Dalam membangun sebuah bisnis seringkali para pebisnis melupakan aspek utama dari bisnis itu sendiri. Kita dapat menjadikan kisah dibawah sebagai bahan renungan dan instrospeksi:

Pada tahun 1923, berkumpulah orang-orang paling kaya sedunia di hotel Edgewater Beach, Chicago,Lilions. Mereka adalah tokoh yang dikenal sebagai Who’s Who dari kekayaan dan kekuasaan. Pada zamannya merekalah yang mengendalikan perputaran uang dari jumlah semua yang tersimpan di tabungan Negara Amerika Serikat. Mereka adalah Charles Schwab-Direktur Utama dari Perusahaan Besi Swasta, Arthur Cutten-Spekulan Gandum Terbesar, Richard Witney-Direktur Utama Bursa Saham New York, Albert Fall-Anggota lembaga kementrian Serikat, Jess Livermore-Pialang Saham terbesar di Wall Street, Leon Fraster-Direktur Utama Bank Devisa berskala Internasional, Ivan Kreuger-Ketua Monopoli terbesar dunia, dan Aristoteles Onasis-Milyuner Yunani.

Sejarah mencatat, dari sekian orang paling kaya di dunia ini, mengalami masa-masa akhir kehidupan yang tragis, Charles Schwab-meninggal dalam keadaan bankrupt, Arthur Cutten-meninggal di luar negeri dalam keadaan pailit, Richard Whitney-meninggal tidak lama setelah keluar dari penjara Sing Sing, Jess Livermore-mati bunuh diri, Leon Fraster-mati bunuh diri, Ivan Krueger-mati bunuh diri.

Dari sekian orang terkaya tersebut hanya Aristoteles Onassis yang berhasil mempertahankan kekayaannya dan meninggal dalam masa keemasan. Dan sebelum meninggal sempat menuliskan sebuah pesan yang terama menyentuh yaitu:

“Setelah Anda mencapai titik tertentu, Uang menjadi tidak penting lagi”

Dari kisah diatas hal yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran adalah bahwa uang dan kekayaan adalah bukan segalanya. Yang lebih penting adalah kebermaknaan hidup dan kebermaknaan jiwa yang hanya diraih dengan cinta.

Dengan mulai mencintai diri sendiri, mencintai keluarga, mencintai sesama, mencintai pekerjaan, mencintai pelanggan, mencintai produk kita, dan selanjutnya.

Jadi sudah siapkah anda memulai bisnis anda ???
Atau anda lebih tertarik menjadi investor???
Apa saja yang diperlukan untuk menjadi investor yang baik???
Investasi apakah yang sesuai dengan anda???

Ikuti terus artikel Bisnis dan Investasi selanjutnya....

0 Responses

Posting Komentar

Buku Tamu

abcs