Perencanaan Keuangan : Penghasilan Vs Pengeluaran



Perencanaan Keuangan : Penghasilan Vs Pengeluaran








Sumber permasalahan yang seringkali dijumpai dalam Perencanaan Keuangan adalah bagaimana mengatur penghasilan yang berimbang dengan pengeluaran. Untuk mencapai keseimbangan antara penghasilan dan pembelanjaan diperlukan management cash flow yang disiplin, wise, cerdas, dan akurat.

Banyak orang yang tanpa sadar terjebak dalam lingkaran bola salju dimana semakin besar penghasilan diperoleh diikuti semakin besarnya pengeluaran atau pembelanjaan.
Semakin besar pendapatan yang diterima tiap bulannya, beriringan dengan pola gaya hidup konsumtif yang menyebabkan pendapatan yang diperoleh tidak berimbang dengan pengeluaran.

Kenaikan Penghasilan 10%, diikuti dengan pengeluaran yang naik 20% atau bahkan naik 30%, sedang sisanya dibiayai dengan hutang kredit card.  Akhirnya tiap bulan kita bekerja hanya untuk melunasi Credit Card.

Dengan adanya kenaikan harga akibat inflasi yang dirasa sudah cukup berat, seharusnya tidak ditambah dengan pengeluaran yang seharusnya bisa ditekan.

Gaya hidup yang wajar dan low profile, membeli sesuatu berdasarkan keperluan dan fungsinya dan tidak mengikuti trend atau mode yang berujung pada mengejar life style yang tidak pernah ada ujungnya, serta melakukan pembelanjaan secara terencana adalah sangat dianjurkan dalam perencanaan keuangan.





0 Responses

Posting Komentar

Buku Tamu

abcs