Perencanaan Keuangan Yang Tepat dan Bijak

Perencanaan Keuangan Yang Tepat dan Bijak

Setiap individu memiliki pola dan keinginan hidup yang berbeda. Dari semua keinginan dan kebutuhan ini dapat kita golongkan atas kebutuhan primer yang mencakup sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (perumahan). Apabila keinginan dan kebutuhan primer telah terpenuhi maka keinginan dan kebutuhan akan meningkat pada kebutuhan sekunder.
diantaranya keinginan membeli rumah, mobil, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,memiliki tabungan pendidikan anak,persiapan dana pensiun dan tujuan2 hidup lainnya.
Untuk mencapai tujuan hidup tersebut perlu adanya suatu perencanaan keuangan yang baik yang mencakup metode perencanaan dan pengelolaan keuangan/kekayaan agar tujuan jangka pendek,menengah dan panjang tercapai.
Dalam pencapaian tujuan keuangan anda, factor umur,jumlah tanggungan,dan tingkat inflasi adalah sekian hal yang berpengaruh pada perencanaan keuangan.
Jika anda berada pada umur 20 tahunan, maka mulailah menabung 5-10% dari pendapatan anda, memiliki dana darurat, melakukan investasi di berbagai tempat, dan memiliki asuransi.
Jika anda berada pada umur 30 tahunan, maka anda harus memiliki dana pendidikan anak, memulai perencanaan pensiun, menambah dana untuk tabungan/investasi, mengatur angaran belanja dan biaya2, mengevaluasi kebutuhan asuransi.
Jika anda berada pada umur 40 tahunan, maka lanjutkanlah penyediaan dana utk pendidikan anak sampai ke jenjang yang lebih tinggi, menambah tabungan pribadi, investasi maupun pensiun, mengkaji kebutuhan asuransi, dan melakukan perencanaan warisan lebih serius.
Semakin dini anda melakukan perencanaan keuangan, semakin baik hasil yang anda dapatkan. Dan melalui perencanaan keuangan, tujuan keuangan anda memiliki arti dan arah yang pasti.
Hal-hal yang dapat kita lakukan dalam perencanaan keuangan diantaranya:

Manajemen utang dan kredit

Utang atau kredit adalah sejumlah uang yang kita terima dengan persetujuan dan perjanjian untuk mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu.  Berdasarkan jenisnya utang dapat kita bagi menjadi 2 bagian.
a.      Utang produktif, dimana nilai asset yang kita beli dengan cara berhutang meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Misalkan;  kredit pemilikan rumah, toko, gedung, dan kendaraan bermotor.

b.      Utang konsumtif, dimana nilai asset yang kita beli akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Biasanya utang jenis ini dikenakan bunga yang tinggi, misalkan; kartu kredit.

Perlu diingat bahwa total utang anda tidak boleh lebih dari 30%-35% dari penghasilan utama keluarga (suami atau istri).

Pemilihan Produk Asuransi Yang Tepat
Memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.  Asuransi diperlukan untuk melindungi individu dari resiko seperti resiko kematian, sakit, cacat total dan kehilangan pendapatann.

 Tabungan berkala
Menyisihkan pendapatan anda seblum melakukan pengeluaran untuk tabungan secara teratur berkala.

Mempersiapkan dana pendidikan

Mempersiapkan dana pensiun

Mengontrol pengeluaran dan biaya
Memiliki catatan pendapatan dan pengeluaran merupakan langkah yang tepat untuk mengatur keuangan anda. Dengan melakukan pencatatan secara rutin anda bias melilhat atau memprediksi keuangan anda surplus maupun defisit.

Melakukan manajemen resiko dalam berinvestasi
0 Responses

Posting Komentar

Buku Tamu

abcs